Selasa, 30 Desember 2014

Transaksi Kartu Kredit Dengan PIN Berlaku 1 Januari 2015

Teman-teman,
di dua hari terakhir menjelang tahun baru 2015 jangan lupa segera aktifkan PIN untuk kartu kredit kalian yah. Update terakhir menurut sumber di bawah, Bank Indonesia memutuskan untuk menunda pelaksanaan kewajiban transaksi kartu kredit jadi tahun 2020, tetapi tidak seluruh Bank menunda proses ini, jadi untuk amannya lebih baik dibuat saja PINnya!

MEGA

Kebetulan kartu kredit saya dari Bank Mega, cara untuk registrasi PIN bisa melalui web ini: https://ibank.bankmega.com/regpin/ atau kirim SMS ke 3377 dengan format PIN spasi 4 digit terakhir kartu spasi tanggal lahir (DDMMYYY) spasi 6 digit pin yang diinginkan.

Kalau saya registrasi dengan metoda sms, dan setelah saya kirim dengan format di atas, akan dikirimkan sms balasan untuk konfirmasi, setelah itu selesai dan PIN saya sudah aktif.

MANDIRI

Sementara itu kartu kredit saya yang lain dari Mandiri, salah satu cara aktivasi PIN dengan cara SMS adalah dengan mengirimkan ke 3355 dengan format OTPCC spasi nomor kartu. Setelah itu kita akan diberikan kode OTP yang harus diaktifkan melalui ATM. Kode OTP ini hanya berlaku untuk di hari yang sama. Saya tidak tahu bagaimana kalau terlewat dan kode OTPnya sudah tidak bisa dipakai.


-Update-

Tadi saya sudah buat pin via atm untuk kartu kredit mandiri. Agak membingungkan awalnya. Tadinya saya lakukan di ATM non-tunai karena saya pikir toh saya tidak mau ambil uang. Ketika diminta PIN, saya masukkan kode OTP yang tadi dikasih (ini saya coba-coba karena saya tidak kepikiran kombinasi angka yang lain untuk kartu kredit ini) ternyata berhasil. Masuk ke menu utama ternyata tidak ada pilihan Buat Pin padahal di sms disuruh masuk ke menu tersebut. Saya klik menu dengan nama yang mirip yaitu Ubah Pin. Disuruh memasukkan PIN baru, sudah saya masukkan. tetapi ketika disuruh memasukkan ulang PIN baru tertulis gagal karena PIN saya salah. WAKS. Oke saya coba lagi mungkin saya typo, ternyata setelah saya ulang sekali lagi masih terdapat notifikasi yang sama (saya sudah yakin betul memasukkan kombinasi angka yang benar).
Takut keblokir karena sudah dua kali salah, saya keluar. Saya coba lagi di ATM Tunai. Saya masukkan PIN dengan kombinasi OTP yang tadi disms, ternyata masih bisa. Dan di ATM Tunai ternyata ada pilihan menu Buat Pin sesuai dengan instruksi. Saya coba menu tersebut dan masukkan pin baru, dan berhasil!
Pelajarannya, gantilah PIN kartu kredit Mandiri di ATM Tunai

Transaksi Kartu Kredit Dengan PIN Berlaku 1 Januari 2015

Berikut adalah prosedur untuk mendapatkan initial PIN dan melakukan akivasi PIN kartu kredit dari beberapa bank yang mempunyai basis kartu kredit terbesar di Indonesia:

     BCA

Segera lakukan Pengkinian Data & pastikan nomor handphone Anda sudah ter-update. Unduh Formulir Pengkinian Data di www.bca.co.id/creditcard. Untuk mendapatkan PIN 6 (enam) digit, Anda perlu memiliki Kode Otentikasi, yang akan dikirimkan secara bertahap ke semua pemegang Kartu Kredit BCA melalui SMS ke nomor handphone terdaftar.
Segera aktifkan PIN 6 (enam) digit dengan menggunakan Kode Otentikasi melalui www.bca.co.id/creditcard atau ATM BCA. Aktivasi PIN harus dilakukan untuk setiap Kartu Kredit BCA. Nomor PIN Kartu Utama dan Kartu Tambahan tidak harus sama.
Informasi layanan: Anda dapat menghubungi layanan 24 jam melalui
Halo BCA di 500 888

     BNI

BNI akan menginformasikan PIN baru Kartu Kredit Anda(PIN 6 digit)  melalui surat elektronik/email, pesan singkat/SMS atau surat/post mailer. PIN baru Kartu Kredit Anda(PIN 6 digit), akan mulai dikirimkan dan aktif untuk dapat digunakan bertransaksi mulai bulan Maret 2014. Setelah menerima informasi PIN baru Anda, untuk keamanan segera ubah PIN Kartu Kredit Anda tersebut dengan angka yang mudah diingat melalui mesin ATM BNI terdekat (disarankan agar PIN baru tidak menggunakan tanggal lahir, nomor KTP atau bukti identitas lainnya).
PIN Anda merupakan sarana untuk melakukan transaksi di mesin ATM dan juga akan digunakan saat melakukan transaksi di merchant(mesin EDC).

Informasi Layanan: Hubungi BNI Call 500046 atau melalui ponsel di
(021) 500046/68888

     MANDIRI

Bank Mandiri akan mulai mengimplementasikan PIN untuk transaksi dengan kartu kredit pada EDC Mandiri mulai Mei 2014.
Periode:
1Mei - 31 Des 2014 : implementasi PIN kartu kredit saat transaksi di EDC Mandiri bersifat opsional. EDC akan menawarkan opsi untuk input PIN atau verifikasi tandatangan. (CH masih dapat bertransaksi tanpa menggunakan PIN)
Mulai 1 Januari 2015 : Transaksi dengan kartu kredit di EDC Mandiri wajib menggunakan PIN
Berlaku kartu: Semua jenis Mandiri kartu kredit (Visa dan Mastercard )

Informasi Layanan: Cardholder dapat melakukan permintaan PIN
dengan menghubungi 14000 atau melalui website www.mandirikartukredit.com.
SLA pengiriman PIN adalah : maksimal 14 Hari
Kerja

     CIMB NIAGA

Kirim SMS ke 1418 dengan format : PIN[spasi]4 digit akhir no. kartu kredit[spasi]tanggal lahir DDMMYYYY. Contoh PIN 1234 31121988
Anda akan mendapat SMS balasan sebagai berikut : PIN untuk kartu xxxxxxxxxxxx1234 Anda adalah 999999. Segerea ganti PIN Anda di ATM CIMB Niaga terdekat dalam waktu 7 hari. Info : 14041
Pengiriman SMS hanya dapat dilakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar pada sistem CIMB Niaga. Jika Anda ingin melakukan perubahan nomor ponsel, silakan menghubungi Phone Banking 14041

Informasi Layanan: Hubungi 14041 atau Email ke 14041@cimbniaga.co.id

     CITIBANK

Mulai tanggal 14 September 2014, PIN Kartu Kredit/Kartu ATM/Debet/Kartu Ready Credit Anda berubah menjadi 6 digit, tambahkan 00 di belakang PIN 4 digit yang Anda miliki sekarang. 
Selanjutnya, sesuai peraturan Bank Indonesia mulai 1 Januari 2015 mengenai peningkatan keamanan dalam penyelenggaraan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, semua transaksi ritel pembelanjaan di merchant dan/atau penarikan dana melalui ATM di Indonesia dengan menggunakan Kartu Kredit wajib menggunakan PIN sebagai sarana verifikasi dan autentikasi.

Informasi Layanan: Hubungi layanan CitiPhone Banking 24-Jam di
69999 dari ponsel (berlaku nasional tanpa kode area

     ANZ

Untuk memperlancar proses pengiriman PIN baru kartu kredit Anda, segera perbaharui informasi Anda sebagai berikut:
Nomor handphone Pemegang kartu utama dan tambahan.
Alamat pengiriman tagihan.
Alamat e-mail Pemegang kartu utama dan tambahan.
Anda akan menerima PIN untuk setiap Kartu Kredit ANZ yang Anda
miliki, baik kartu utama maupun kartu tambahan.


Referensi
Informasi layanan: Hubungi 24-Hour ANZ Call Centre 0804 1000 269


Sumber Berita: http://www.teknologibank.com/berita-transaksi-kartu-kredit-dengan-pin-berlaku-1-januari-2015.html#ixzz3NMNzjqDV




2 komentar:

  1. Aku Risna Susanti, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan-rekan saya INDONESIANS.Who yang terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman adalah JOYCE ROLAND PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya adalah semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan palsu pemberi pinjaman. Tapi pinjaman kualitas memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email mereka nyata: joycerolandloancompany@gmail.com email pribadi saya sendiri: risnasusanti247@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran.

    BalasHapus