Senin, 29 Desember 2014

Sabang - Berenang bersama Abang U19

Kali ini saya mau cerita tentang satu pengalaman ketika jalan-jalan di Sabang. Kalau keindahan alamnya sih, gak usah di tanya. Keindahan bawah laut apalagi. Jadi bukan itu yang mau saya ceritakan kali ini.

Waktu itu kami menginap di Iboih, letaknya persis di seberang Pulau Rubiah. Karena tinggal nyebrang (pakai perahu), saya dan teman-teman memutuskan untuk berenang-berenang cantik disana. Ya iyaa lah, udah jauh-jauh kesana masak engga snorkeling.

Tadinya kita mau berenang sendiri aja, tapi saat sampai disana ditawari mau pakai guide apa engga. Setelah negosiasi harga, akhirnya boleh lah kami pakai guide! Ujug-ujug ada pria coklat tampan bertelanjang dada datang menghampiri, uwoooow siapakah diaa… saya dan teman-teman yang cewek semua sudah sikut-sikutan dan deg-degan, dan benar dong, dia adalah guide kami. Kita menyebutnya abang U19, karena tampan dan berbadan fit dan mukanya mirip dengan Ravi Murdianto, sang penjaga gawang U19 kyaa kyaaa~

Ravi Murdianto
in action













Tapi, keriaan itu tak berlangsung lama. Saat dia datang dan memperkenalkan diri, dia langsung briefing kita tentang tata cara snorkeling yang baik dan benar sesuai dengan caranya (Siap bang!). Lalu dia memperhatikan saya membawa kamera underwater, “Itu kamera underwater?! Coba lihat! Kamu beli berapa ini?!” Haaaaah saya kaget juga diberondong begitu tapi tetap saya berikan itu kamera ke dia. Dia masih berceloteh tentang dia yang menyewakan kamera underwater dengan harga beberapa ratus ribu, dan bla bla bla, saya sudah gak ingat detailnya karena terkaget-kaget dengan nada suaranya yang agak galak dan diberondong pertanyaan macem-macem.

Sambil terus ngomong dia mengajak kita segera berangkat, itu kamera dengan nyamannya sudah dia gelangkan di pergelangan tangannya. T-t-t-tapi bang, kamera sayaa….. (dalam hati). Ternyata dia sudah hak milikin itu kamera.

Baiklah kita nurut, dengan sudah berbaju renang dan bertelanjang kaki, kita diajak ke pulau bagian belakang. Sebenarnya dekat, kira-kira 10 menit jalan kaki. Tapi yang jadi masalah bukan jaraknya, melainkan sepanjang jalan itu bertebaran buah-buah kecil yang keras dan sakit kalau keinjak. Si abang juga jalannya sudah duluan di depan ninggalin kita, begitu ada persimpangan terus bingung. Akhirnya dia balik nyamperin kita, sambil nanya kenapa kita jalannya lama banget. Pas dijelasin kita kehambat sama biji-bijian nyebelin itu, reaksinya cuma: ooo.. dan dia mulai nyingkirin benda-benda penghambat itu, yang mana kita udah berjarak satu menit dari pantai. Bang, telat, madingnya udah siap terbit!
jalan setapak penuh aral merintang

Tibalah saat kita nyemplung ke laut. Si abang sudah menentukan spot spot mana yang boleh dan yang tidak. Oke lah. Tiba-tiba dia narik-narik tangan kita, oh ternyata ada school of fish. Trus dia langsung ngejar itu ikan-ikan sambil moto-moto. Abis foto dia tunjuk-tunjukin fotonya dengan semangat. Agak heri deh you bang! Heboh sendiri.

Terus saya lagi wandering berenang sendiri tiba-tiba fin saya ada yang tarik kenceng banget dari belakang. Kalau di dalam laut bisa pasti saya udah kejungkel. Kirain ada apa, ternyata si abang mau nunjukkin bintang laut. Trus dia kasih bintang lautnya ke kita, langsung suruh foto bareng bintang laut. Tanpa aba-aba. Jadinya gini deh,
yang lain udah pose sama bintang laut, saya masih sibuk sendiri
 liat gak foto di atas muka temen-temen saya pada tegang semua. hahahahahaha

gerombolan ikan di bagian belakang pulau
airnya lumayan keruh
Ohiya, di bagian belakang pulau Rubiah ini airnya cukup keruh dan arusnya sedang lumayan kencang, jadinya agak kurang jelas, meskipun ikannya banyaaakk sekali dan besar-besar. Cantik cantik cantik (ala syahrini). Bete ah berenang di tempat keruh, lalu protes dong kami ke abang minta dibawa ke depan aja.


Jalan ke depan, lewat track yang sama, salah satu teman saya jalan duluan di depan, terus si abang bilang ke saya, “Tuh temennya, kok jalan duluan? Yang guide kan sayaa!” belom sempet jawab doi udah ngejar temen saya, dan dari gesturnya sih dia kayak bilang ke temen saya jangan jalan mendahului dia. Wakakakaka bang, santai kelesss.

Ketika berenang di Pulau Rubiah bagian depan, terlihat semua keindahannya, hanya 5 – 10 meter dari garis pantai sudah terlihat gerombolan ikan dan karang yang warna warni dan cantik. Terus saya bilang, bang, kemarin temen saya snorkeling disini lihat ada Lion Fish. Dia jawab, “OH, KUDA LAUTTT????”. Saya, “Bukan bang, ikan yang ada sayapnya itu lho, ikan singa, yang beracun.”. Dia, “Oh, kuda laut mah adanya di sanaa!!”, sambil menunjuk ke arah barat. Saya, “ bukan bang, yang ikan….” Ah sudah lah.. capek jelasin, lanjut berenang aja aaaah… ga nyampe 5 menit meluncur, saya ditarik di dalam air sama si abang, dia tunjuk-tunjuk ke dasar. Ternyata ada ikan singanyaaaaa! Super seneng! Minta tolong sama dia untuk foto, well, karena kamera dia yang pegang juga sih. Trus pas kita naik ke permukaan dia bilang gini, “Bilang dong daritadi yang dicari ikan itu! Itu mah disini namanya IKAN BULU AYAM!!” -____-“ meneketehe bro!

ikan bulu ayam yang bikin heboh
Foto-foto underwater Pulau Rubiah ada di bagian bawah yaaa..

Kehebohan terakhir, janji deh terakhir, udah panjang banget ini ceritanya. Dari awal si abang maksa buat kita foto di dalam air megang karang, saya males, selain karena udah pernah, susah, males lecet kegasrok karang, ternyata menyentuh karang itu tidak boleh, karena bisa merusak mereka yang tumbuhnya lama. Tapi si abang gak mau dengar alasan kita. Pokoknya harus! Harus foto sesuai titah dia! Udah gitu kalau gak sesuai sama ekspektasi dia, kita suruh ngulang, “LIAT SAYA LIAT SAYA!! SATU, DUA, (tunjuk-tunjuk air, maksudnya suruh nyelam)”. “SATU, DUA!!”. “HALO, HALO, ULANGI!!!” buset dahhhh ambil napas bentar aja udah ditunjuk-tunjuk dihalo-halo. Bener-bener deh gak pernah saya snorkeling ala ala militer begini. Hihi.. 

hasil foto Mbak Nunung yang jadi korban keganasan si abang
beset-beset hasil latihan menyelam

Rubiah di bawah laut:


ikan warna-warni dan hamparan karang yang kontras dengan biru laut. cantikk!




Nemo dimana-mana!





Real life Patrick! :)


Teripang aka timun laut






7 komentar:

  1. Balasan
    1. semangatt!! haha dari kegaptekan akhirnya bisa juga bikin ginian hahaha

      Hapus
  2. Abang militer U-19 tlah bikin aku sakit dsini (nunjuk mata 😝😝) #kehilangan kepercayaan diri dalam penilaian dengan mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. HUFT maksimal ya mbaaak! hihihi HALO HALO SATU DUA SATU DUA

      Hapus
  3. Tataaaa.. Gw ngakak bacanya:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaaa.. coba mba dhini ikutannn.. ayuk kapan kita liburan bareng lagi

      Hapus