Selasa, 15 November 2016

Nyoba Masak: SOTO DAGING BAMBOE

Mau tau ga apa yang bikin saya bahagia tinggal di Indonesia? MAKANANNYA.

Mau tau ga hal kedua yang bikin saya bahagia tinggal di Indonesia setelah sekarang jadi istri orang yang harus masak makan malam? BUMBU INSTAN.

😝  😝  😝  😝  😝  😝

Well, bukan bumbu instan macam royco, dll sih.. Tapi pasti rata-rata orang Indonesia tau yang namanya BAMBOE. Bumbu instan yang mempermudah hidup ibu rumah tangga modern *dikeplak.




Tapi sepertinya praktek ini sebenarnya sudah cukup umum ga sih? *mulai mencari pembenaran*
Contohnya di pasar kan ada tukang bumbu tuh, kan sering juga pasti liat mamak kita kalo ke pasar minta bumbu masakan tertentu, misal, bang, minta bumbu rendang. Lalu nanti abangnya yang pilih, racik, dan sekalian haluskan. Nah ini konsepnya sama, cuma dikemas secara modern hihihi 😜 *terserah lu dah ta*

Untuk my first Bamboe experience saya pilih Soto Daging, nah alasannya apa saya juga lupa wakakaka.. kayaknya karena suami sukanya daging sapi, tapi saya ga gitu doyan gulai, jadilah soto yang saya pilih.

Tapi somehow saya kurang pede kalo masaknya langsung aja, maksudnya bener-bener cuma dari Bamboenya aja. Jadinya saya tambah beberapa bumbu lagi. Bumbu yang saya tambahin ini bermodal googling, apa aja sih bahan dari soto daging, nah bumbu-bumbu itu lah yang saya tambah.

Dari hasil googling dari Info Resep, daging sapinya direbus dengan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk. Nah ini yang saya ikutin, tapi untuk bagian bumbu halus saya tetap pakai Bamboe. Oh, saya juga nyontek sambal sotonya dari Info Resep.

Sementara dari Mbak Endang dari Just Try & Taste, saya belajar untuk tidak ragu memasukkan bumbu ke dalam soto yang akan saya buat.

"Untuk bumbunya, soto termasuk masakan yang kaya rempah dan bumbu, dan percayalah semua rempah tersebut berguna untuk menunjang kelezatannya. Jadi jangan malu-malu dan enggan mencemplungkan rempah-rempah tersebut ke dalam kuah soto di panci."

Jadi, itulah yang saya lakukan, tanpa ragu cemplungin semua bahan.



Baiklah, saya tulis resepnya SOTO DAGING BAMBOE

Bahannya:

yang direbus 1

- Daging sapi, saya beli yang udah di cube di supermarket, kurleb 150gr
- Daun jeruk 4 lembar
- Daun salam 2 lembar
- Sereh, digeprek

yang direbus 2
- Daun bawang bagian putihnya, digeprek
- Kentang 1 buah

bumbu halus

- Bamboe Bumbu Instan Soto Daging (Soto Madura)
- Minyak Canola sedikit cuma untuk menumis

isian soto
- Telur rebus 2 butir
- Bihun sesuai selera
- Tauge sesuai selera

pelengkap/garnish
- Bawang putih goreng (beli yang udah jadi aja 😌)
- Daun bawang bagian hijaunya

sambal
- Cabe rawit 13 buah
- Bawang putih 1 siung
- Bawang merah 1 siung


Caranya:
1.  Rebus daging dengan daun jeruk, daun salam, dan sereh sampai daging empuk.
Saya tadi sih rebus sampai airnya berkurang, dan literally cobain dagingnya udah empuk atau belum, mungkin sekitar 20 - 30 menit kali ya. Oh, ketika ngerebus daging, saya juga ngebuang buih-buih (skimming) yang muncul, karena bikin keruh kaldunya dan ngebuang lemak-lemak yang ga perlu.


2. Selagi nunggu rebusan daging, bisa siapkan bahan-bahan isian.
 - Rendam bihun di air panas selama 2 menit
 - Siangi tauge
 - Rebus telur dan siapkan




3. Tumis Bamboe Soto Daging dengan sedikit minyak sampai harum (ga usah lama-lama)

4. Masukkan bumbu tadi ke rebusan daging, aduk rata, dan tambahkan air kira-kira 2 gelas.
Sejujurnya masalah perairan ini saya ga gitu merhatiin hemmmm... Pokoknya tadi saya pakai panci yang biasa buat masak indomie itu lho, kira-kira diameter 18cman, nah itu airnya dipenuhin.
Atauuu... dikira-kira aja, kalo dirasa rasanya udah pas, jangan tambah air lagi.

5. Masukkan kentang dan daun bawang. Rebus sampai kentang lunak

6. Selagi menunggu sotonya jadi, bisa disambi bikin sambel.
- Rebus cabe rawit, bawang merah dan bawang putih sampai lembek
- Kasih sedikit garam dan haluskan. Saya ga punya ulekan, jadi tadi saya penet penet pake sendok, eh ternyata berhasil juga yeaay
- Setelah soto matang nanti, kasih sedikit kuah soto dan aduk aduk



7. Siapkan isian soto (bihun, tauge, telur) ke dalam mangkuk dan tuang soto yang sudah matang.

8. Hias dengan daun bawang dan bawang putih goreng. Kecurkan jeruk nipis jika suka. Tadi saya pake lemon karena ga punya jeruk nipis. Selesai 😀 Selamat makaaan




Porsi untuk 2 orang.
Sebenarnya yang tertulis di bungkus Bamboe sih untuk 4 orang, tapi sepertinya proporsi kuah dan rasa tadi sudah cukup pas, jadi sepertinya untuk 2 orang lebih pas.

Tapi penasaran sih, kalau benar-benar masak seperti tertera dibungkus apa ya jadinya.. Kapan-kapan coba ah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar