Minggu, 04 Oktober 2015

Tujuh Belas Agustus Paling Berkesan

Kapan kali terakhir kalian mengikuti upacara bendera? Kalo kalian seumuran saya yang abg unyu begini (abg?? unyu?) mungkin terakhir kali kalian upacara bendera sekitar 10 tahunan yang lalu, itu juga kalau di kantor kalian tidak mewajibkan ada upacara bendera.

Upacara Bendera saat SD (photo: www.jabarsatu.com)



Jujur aja, upacara bendera di jaman sekolah dulu tidak pernah jadi saat yang saya tunggu-tunggu. Bukan hanya karena panasnya, kalau waktu SD masa upacara jadi saat yang menakutkan karena entah kenapa saya selalu lupa taruh topi, dasi, dll yang mengakibatkan saya di setrap, waktu SMP udah tau enaknya bolos jadi bolak balik alesan ke UKS (salah satu alesan saya ikut ekskul PMR juga sih ini :P) dan SMA saya merasa "too cool for this thing" (yes, I ran into that phase like another teenager).

Walau begitu, saya selalu menunggu-nunggu kalau giliran kelas saya jadi panitia upacaranya. Hmmm jangan-jangan saya bosen kalo jadi penonton doang, pengennya tampil! Hahahaha. Saya dulu pernahnya jadi protokoler dan dirigen upacara. Dodolnya pas dulu jadi protokoler, saya di depan malah ngegosip sama temen sebelah, padahal saya kan pegang mike yang masih nyala!! nyemmm...

Nah saat saya liburan ke Flores kemarin memang bertepatan dengan liburan tanggal 17 Agustus. Sebenarnya saya itu sama sekali gak ngeh kalau liburannya pas tanggal merah kemerdekaan dan berencana memang mau merayakan di luar Jawa (gak nasionalis banget ya saya hehe). yang ada dipikiran saya saat itu ya ngepas-ngepasin waktu cuti dengan jadwal kantor dan jalan-jalan yang lain.

Kebetulan guide kami saat LOB Trip (Live on Board or Live aboard) ini, Abang Stefan, dari awal semangat sekali mengajak kami untuk upacara bendera nanti. Dia bilang nanti dia jadi pemimpin upacara, lalu dia tanya ke teman-teman saya siapa yang mau jadi pembina, dan lain lain. Dan ketika dia nawarin saya jadi pengerek bendera, saya bilang saya jadi dirijen aja deh bang! Karena si abang stefan ini orangnya humoris sekali, awalnya saya kira bercanda dong. Tapi selama trip berlangsung, kok si Abang ini ngebahas terus tentang upacara bendera ini, mulai teriak-teriak latihan jadi pemimpin upacara. Bayangin, lagi capek-capek daki bukit dia teriak, "Siaaaap GRAK!!!" trus pas sampe puncak dia teriak mengumandangkan "PANCASILA" :d :d ngakak guling guling nggelundung ke bawah

Saya mulai ngeh kalau ini beneran ketika esoknya kami sampai ke Pulau Padar (yang sangat indah!!), bertemu kapal-kapal lain, dan para kapten dan guide-guide lain ngobrol dan BENAR-BENAR merencanakan perayaan tujuh belasan di pulau ini dari malam sampai esok paginya. Bagus sihhhhh, tapi itu berarti saya beneran jadi jerigen eh dirijen dong! *tepok jidat*

Pulau Padar yang terlalu indah

Jadi rencana yang disusun adalah sebagai berikut, malam hari tepat jam dua belas tanggal tujuh belas agustus kita akan menyalakan kembang api (semoga para komodo yang terasing di Pulau Padar gak loncat kaget) lalu pagi harinya kita akan melakukan upacara bendera dengan bapak polisi hutan yang berwibawa menjadi pembinanya (saya lupa nama bapak, tolong jangan umpanin saya ke komodo pak!), dan tentunya Abang Stefan yang jadi pemimpin upacara. dan saya tetep jadi dirijen.

Asli, pas hari h keder banget, udah lama banget ga upacara bendera kan. Tapi untung sempat gladi resik, dan pas itu lah saya dimarahin oleh bapak pembina karena salah gerakan untuk ketukan empat per empat. hahahahaha. huft. trus manalah saya baru ngeh kalo jadi dirijen kan berarti saya juga yang harus nyanyi duluan mimpin pasukan, mana suara pas-pasan begini. Jadi karena orangnya cuma sedikit (tiga atau empat kapal jadi satu), jadi yang jadi peserta upacara, panitia, paduan suara ya kita kita juga.

jadi dirijen dadakan


Terus lucunya, si Abang Stefan yang paling semangat, pas gladi resik, grogi beraaat. sampe salah-salah komando, salah satunya dia nyuruh peserta upacara "Lencang depaaaan, grak!" padahal barisan pesertanya cuma satu banjar. xixixi :D

Tapi secara keseluruhan, upacara bendera berlangsung dengan khidmat, dan saya benar-benar bersyukur lahir dan tumbuh di negeriku yang sangat sangat indah ini. Apapun pendapat orang lain, apapun yang terjadi di sini, Indonesia akan selalu menjadi tanah air nomor satu bagiku.

prosesi upacara yang berlangsung khidmat. foto: +Dimas A. Chandra Soeprapto (IG: @dimassoeprapto)


Upacara bendera berlatarkan alam yang lebih dari indah. foto: +Deri Abdul Aziz (IG: @deriabdulaziz)


kami seperahu. foto: IG @dimassoeprapto



Tidak ada komentar:

Posting Komentar