Jumat, 27 Februari 2015

Perjalanan Absurd: Bengkulu - Lampung Bagian Dua

Seperti yang sudah diceritakan di Bagian Satu, kita bersiap check-in ke hotel. Hotel kita terletak di Jalan Pantai Panjang, di sebrang pantai, karena kita pengen hotel yang deket-deket pantai. Sekitar jam 7an kita sampai di Pantai Panjang Hotel.

Sebenarnya sudah agak curiga dengan hotel ini dari awal kita reservasi, kalau ga salah saya dapat informasi hotel ini dari Buku Lonely Planet, yang menuliskan ini adalah budget hotel yang bersih dan nyaman (waktu nulis blog ini, saya baca lagi Lonely Planet terbitan terakhir, penginapan ini sudah enggak ada!). Merasa cukup yakin dengan hotel ini ditambah lagi harganya murah, akhirnya kita telpon lah untuk booking. Meskipun kita akan nginep gak di akhir pekan dan bukan musim liburan, gak ada salahnya tho kalau siap-siap. Pas ditelpon bilang mau booking, disuruh nunggu lamaaaa gitu ada kali 15 menitan, abis itu orang lain yang jawab dan dia bingung gitu, gak ngerti reservasi itu apa.. Setelah dijelaskan kita mau nginep tanggal segini dll, cuma dibilang oh ya udah dateng aja nanti. Hmmmm…

Nah pas nyampe, ternyata bentuk penginapannya itu kayak taman luas (yang kurang terawat) dan ada kamar yang berupa rumah-rumah panggung. Suasananya sepiiii maksimal, bener-bener gak ada yang nginep lagi selain kita. Akhirnya kita milih salah satu rumah panggung yang dibuat jadi dua kamar, supaya sebelahnya ada temennya. Bentukan hotelnya aku taro di bawah, yah walaupun sebenernya cukup oke sih asalkan dirawat sedikit lagi..

Karena belum makan malam, akhirnya kita ngemol, ke BIM (Bengkulu Indah Mall) buat makan malam dan beli perbekalan besok. Pas berangkatnya kita masih nebeng Pak Kosim, nah ngeliat di sepanjang jalan Pantai Panjang itu banyak semacam saung-saung yang sepertinya jualan “minuman”, disana mamang-mamang pada nongkrong dan ada mbak-mbaknya juga. Hmmmm...

Jam 9 kita pulang naik taksi karena di Jl. Pantai Panjang gak ada angkot. By the way, agak terkejut juga saat itu dapet taksi yang sepertinya terpercaya, pakai argo (meskipun deket), dan supirnya pun sopan. Bayangin aja, dari BIM ke penginapan itu gak gitu jauh, argonya cuma 8500, tapi dia gak matok harga. Nama perusahaan taksinya: Taksi Wong Kito - 081273304204, ini bukan hp bapaknya ya, tapi tulisan di badan taksinya. Ekspektasi kita pas arrange perjalanan sih, begitu sampai penginapan pengen liat-liat pantai dulu. Realitanya Jl. Pantai Panjang itu lepas jam 9 udah mati total, gak ada lampu jalan saat itu, dan lampu taman Pantai Panjang Hotel ini juga remang-remang sungguh gak membantu.

Akhirnya kita tidur-tiduran aja karena sudah capek juga. Tapi pas udah mulai ngantuk-ngantuk, sekitar jam 10an gitu banyak terdengar mobil dan motor baru datang dan parkir di depan kamar. Mulai curiga.

Puncaknya sekitar jam 2 pagi, terdengar teriakan wanita super kencang membelah malam. Saya dan teman saya sampai kebangun terduduk kaget, takut ada rampok atau maling atau pembunuhan atau apa. Ternyata abis itu ada suara raungan, “ABAAAAAANGG!!! Sudah aku dugaaa kamu selingkuhhhh di depan mataa!! Sekarang kamu sudah kepergookk!! Kamu sudah tidak bisa menghindar lagii!! Bla bla bla bla”

Omaigaaaaaat dari sekian banyak kamar, harus banget ya kamar di sebelah kami yang kepergok selingkuh? Hahaha. HIKS. Dan mereka teruslah berantem sampe subuh, meskipun sebenernya lepas jam 3 saya udah ngantuk banget akhirnya ketiduran juga.
Pagi-pagi bangun, pengen jalan-jalan sekitar Pantai Panjang, dan sebenarnya saya juga penasaran siapa sih penghuni kamar sebelah. Pas lagi pake tali sepatu, saya lirik-lirik ke kamar sebelah yang pintunya gak ditutup, yah ternyata si mas dan mbaknya pake helm. Iya pake helm. Di dalam kamar. Udah menduga bakal dikepoin kayaknya. :p


Anyway, Pantai Panjang ini ternyata asik juga kalau pagi, sebelum pantai ada hutan pinus kecil dan ada jogging tracknya, bahkan kalau mau jogging di pantainya bisa banget, meskipun pantai ini jenis pasirnya abu-abu, tapi bersih, gak banyak sampah yang kelihatan. Pagi itu juga banyak orang olahraga, lari, sepedahan, anak-anak muda yang bikin sand cirlce (temennya crop circle) atau sekedar jalan-jalan sama anaknya. Kita jalan-jalan sekalian sarapan di GOR, rame banget ada panggungnya segala, ada sewa sepeda, meriah deh. Bener-bener bertolak belakang dengan kehidupan Pantai Panjang pas malam XD


Abis sarapan kita beres-beres, trus check out, dan menuju PT. SAN, tempat bis ke Lampung.
Pas sampe disana itu mbak resepsionisnya bilang gini, “Mbak ini bis ke Lampung ada lho yang bisnis, apa mau ganti aja?”.
Saya: “Emang bedanya apa mba?” (Saya beli tiket yang ekonomi).
Mbak: ”Mmm bedanya cuma susunan kursinya sih mbak, yang ekonomi 2 – 3, yang bisnis 2 -2.”
Saya: “Ohh.. kalo cuma itu sih gak papa mbak, saya tetep ambil yang ekonomi. Lagian bukannya jadwalnya yang bisnis udah pergi?”
Mbak: “(dengan muka agak panik) Beneran Mbak? Gak usah nambah lagi kok harganya, ini belum berangkat kok mbak, mbak masih bisa naik kalau mau. Beneran gak mau naik yang bisnis aja mbak?”
Saya: “gak usah deh mbak, kita juga mau jalan-jalan dulu bentar”

Memang salah satu alasan kita pilih bis yang ekonomi ini karena berangkatnya jam setengah 1 siang, jadi kita masih bisa jalan-jalan dulu ke Rumah Fatmawati yang belum kesampean kemarin. Padahal kalau saya pinter harusnya mah curiga ya kenapa mbaknya ngotot banget menyarankan kita dua cewek pejalan amatir ini untuk naik yang bisnis. Well, ceritanya disambung nanti deh, sekarang cerita tentang rumah Ibu Fatmawati dulu.

Dari PT. SAN  menuju Rumah Ibu Fatmawati itu kami naik angkot, cuma 10 menitan lah. Sama seperti Rumah Pengasingan Bung Karno, letak furniture di rumah ini tidak banyak di ubah. Masih ada kamar beliau, dengan mesin jahitnya, baju-baju yang dipakai semasa hidup, lukisan Ibu Fatmawati dan Bung Karno, dan juga cerita tentang perjuangan Ibu Fatmawati.


Menurut saya tipe rumah Ibu Fatmawati dan pengasingan Bung Karno terasa adem dan sejuk dan sepertinya sangat nyaman untuk ditinggali. Setelah dari Rumah Ibu Fatmawati kita balik lagi ke PT. SAN dan memulai perjalanan ke Lampung. Nah gimana pas di Lampungnya nanti di bagian ketiga ya! :D

2 komentar: