Sabtu, 04 April 2015

Tips dan trik berbelanja di Arab bagi wanita single

Ketika pergi umrah atau haji, pasti kita akan jalan kaki dari hotel entah untuk ibadah ke masjid atau sekedar belanja di sekitar hotel. Nah, aku mau kasih tips dan trik belanja di arab sebagai cewek single (belom menikah, termasuk tapi tidak harus selalu jomblo):

1. Pergilah dengan Muhrimmu. Wanita single di bawah umur 55 tahun diwajibkan agar bepergian bersama muhrimnya ketika memasuki Kingdom of Saudi Arabia.
Nomor satu itu sebenernya yang paling utama, tapi kalau muhrimmu berhalangan bisa dilihat tips di bawah:

2. pakailah cincin kawin (pura-pura aja) - nah yang ini pelajaran buat saya, karena gak pake saat kesana

3. jangan belanja sendirian, bawa pasukan, kalau perlu yang banyak bapak-bapaknya, tetapi kalau bapak-bapak gak mau ikutan dengan ibu-ibu atau gerombolannya juga boleh. Kalau letak hotel ke masjid dekat sebenernya cenderung tidak apa untuk jalan sendirian, asal jalan cepet aja supaya jangan disapa sama orang asing

4. Set in mind, kalau ditanya : sudah kawin?, langsung jawab dengan tegas: SUDAH. tapi siap-siap melipir pergi kalau ada pertanyaan lanjutan: Demi Allah? . Kemungkinan lain untuk pertanyaan lanjutannya: Sudah punya anak?  dan nanti akan ditawarin kurma muda atau obat kuat. nyeeee

5. Mintalah ibu-ibu yang bareng sama kita bilang kalau "suami" kita itu polisi atau orang yg berpengaruh di indonesia, just in case dia bilang: "Tukar Suami, Tukar Suami, sini Arab bagus.". Dan iya, bilangnya pakai bahasa Indonesia. Yah, meskipun sedikit pengaruhnya sih..

6. Hindari menatap laki-laki asing ketika papasan di jalan, dan kalau mereka bilang ke kamu ketika papasan: "Indonesia Bagus", itu maksudnya bukan negara kita.

Berdasarkan pengalaman nyata sang penulis, mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. :D

2 komentar:

  1. Hmm...pengalaman minggu kemarin ya mba mita,berburu belanja di Madinah ya hehe....

    BalasHapus