Selasa, 28 April 2015

Belajar hal baru setiap hari: Ancala

Saya kepikiran buat series baru di blog ini, tentang belajar. Yah meskipun saya gak segitunya sihh, gak rajin dan gak pinter juga. hahaha :P

Idenya muncul saat saya baca-baca majalah semacam National Geographic atau Reader Digest (iya, saya langganan dua majalah itu meskipun kadang utang baca ampe 3 bulan).

Saya berlangganan National Geographic itu yang bahasa Indonesia, karena saya merasa lebih "kena" kalau baca versi bahasa saya sendiri (dalam kata lain, NatGeo ini kadang-kadang pembahasannya ilmiah banget dan njelimet, jadi seringnya gak mudeng kalo baca yang bahasa inggris. wakakaka).

Nah, pas saya lagi baca NatGeo edisi April tentang Tambora, judul artikelnya adalah: "Terbenam Murka Sang Ancala" Terkesan gagah sekali ya kalimatnya, tapi saya penasaran apaan sih ancala itu?
Penasaran googling ternyata ancala itu artinya adalah Gunung. Kata ini diserap dari bahasa Sansekerta. Saya suka kata ini.


Salah satu yang saya suka baca NatGeo bahasa indonesia juga, sedikit banyak ia memperkaya kosakata bahasa saya sendiri. Banyaaaaak banget kalimat-kalimat yang mengandung kata yang asing di telinga, padahal seharusnya kan ini bahasa saya sendiri. Malu ih, ngakunya cinta tanah air tapi hal-hal dasar gini engga ngerti. *toyor diri sendiri*

Terus, udah tau belum kalau KBBI ada versi webnya? nih ada di tautan ini.

Jadi "tentang belajar" yang baru dibuat ini intinya seperti ini, saya ingin berbagi informasi-informasi baru yang saya dapat hari itu supaya enggak lupa lagi. Gak mesti yang berat-berat sih kayak bagaimana cara kerja Black Hole, atau Apakah benar sebenarnya kebudayaan dunia berasal dari Timur? (yang terakhir ini saya lagi *berusaha* baca bukunya, yang kalo kata temen saya: "5 tahun kemudian....halaman 10", karena saking tebelnya). Yang saya mau share yang ringan-ringan aja, yang kalo tau bagus, kalo ga tau juga gak papa. Rentang waktunya juga bisa tiap hari kalau memang ada bahannya (dan gak mlz), bisa tiap minggu, atau tiap bulan. Hahaha sebenernya niat gak sih? Tapi semoga sedikit banyak bisa berguna. :D


2 komentar:

  1. *berguna kok* --> belajar lipstick maksudnya..hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo yang itu lebih penting viii.. kita buat lips swatches macam beauty-beauty blogger gitu apah? hahaha.. koleksi lagi banyak nih XD

      Hapus