Selasa, 20 September 2016

Nyoba Masak: Nasi Goreng Se'i

Saya punya nasi goreng kesukaan
tapi saya gak bisa kasih tau dari restoran mana.


Karena.... itu nasi goreng mama saya :D Ya maap, tapi beneran deh nasi goreng mama saya enak banget dan itu bahkan bukan nasi goreng kecap. Tapi nasi goreng yang putih asin gitu lho, gimana ya cara jelasinnya xixixi

Anyway, saya pengen buat nasi goreng itu sekarang. Biasanya mama pakai daging se'i, nah kebetulan saya lagi punya daging se'i jadilah saya langsung whatsapp mama minta resep :D

Daging se'i itu adalah daging asap dari Kupang, rasanya enak banget! salty and smoky tapi bukan seperti daging asap yang kayak di supermarket. Dagingnya bisa babi atau sapi, kebanyakan memang daging babi yang dibuat se'i tapi ada juga yang jual se'i sapi. Kapan-kapan saya bahas yah.

Setelah whatsapp mama, ternyata simple banget bumbunya cuma bawang putih dan minyak ikan. Apa?! minyak ikan??? S yang gak super duper gak suka ikan langsung syok, tapi saya ngeyakinin kalau gak bakal amis tapi enak. Akhirnya dia percaya (atau lebih tepatnya pasrah) dimasakkin pakai minyak ikan (meskipun jadi saya yang ga yakin) karena dia udah pernah makan nasi goreng enak di rumah saya.

Akhirnya setelah coba untuk pertama kalinya, berhasil juga saya masak Nasi Goreng Se'i ala mamalinna. Well, rasanya sih saya bilang mirip-mirip aja sama nasi goreng rumah (mungkin karena lagi laper kali ya).

Saya share resepnya ya.

Bahannya:
- Nasi putih (ya'eyalah) 1 piring munjung
- Minyak untuk menumis, kali ini saya pakai light olive oil.
- Bawang putih 3 siung, geprek.
- Telur 1 buah
- Daging se'i sesuai selera diiris tipis-tipis
- Minyak ikan (ini saya pakai metode kira-kira aja, kira-kira 2 - 5 kecrut)
- Frozen vegetable
- Bumbu: garam & merica secukupnya

Caranya:
*perlu diingat, saya bukan chef profesional, bukan tukang masak, ga sering-sering amat masak, jadi kalau mau ngikutin try with own risk yah :P *
1. Gongso (tumis) bawang putih yang udah di geprek sampe harum dan kecoklatan.
2. Masukkan telur dan ecek-ecek sampai 3/4 matang.
3. Masukkan daging se'i yang udah diiris tipis, tumis sampai panas. Daging se'i sendiri sudah matang jadi hanya perlu sampai panas saja.
4. Masukkan nasi putih, aduk sampai tercampur dengan telur dan se'i yang sudah ditumis tadi.
5. Kecrut-kecrut minyak ikan sesuai selera, kalo saya pertama 2 kecrut dulu.
6. Cicipin, kalau belum pas rasanya bisa tambahin minyak ikan lagi. Karena daging se'i sudah asin mungkin kamu gak butuh garam lagi, tapi ketika saya masak saya tambahin garam secukupnya aja.
7. Masukan Frozen vegetables.
8. Aduk-aduk sampai bumbu merata dan frozen vegetables matang juga.
9. Jadi deeeeh.



Terus makannya pake telur ceplok setengah matang, nyam nyammm..

Rasanya enak dan cukup untuk bertahan hidup satu malam hahaha, tapi hal yang akan saya perbaiki kalau masak lagi adalah:

1. Ga usah pakai telur ecek-ecek lagi. too much protein in one dish
2. Iris daging se'i lebih tipis, kemarin saya ketebelan ngirisnya, jadi dagingnya overpower si nasi, meskipun se'i emang enak bingitsss yang namanya nasi goreng ya tetap harus nasinya yang jadi juara.
3. Pengen nyobain pakai kucai, instead of frozen vegetable. pakai frozen vegetables enak sih, tapi sepertinya pakai kucai bakal enak juga. sllrrrpp..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar