Jumat, 05 Juni 2015

Oksusu Cha, si Teh Jagung dari Korea


Waktu itu saya makan di rumah makan mie korea di bilangan Senopati, terus saya pesan minum Ocha. Sebenernya lupa sih tepatnya nama di menu. tapi biasanya saya kalau makan di restoran Jepang atau Korea akan pesan ocha/teh sebagai minumannya.

Nah, ternyata si tehnya Korea ini beda banget rasanya dengan ocha jepang. Teh ini harumnya manis dan ada nuansa rasa rasa dipanggangnya. Hangat dan nikmat sekali rasanya, beda dari teh yang aku
biasa minum. Karena penasaran, saya tanya aja ke mbaknya, saat dia tunjukkan ternyata bentuknya bukan daun teh kering, tapi seperti biji-bijian. tapi si mbaknya gak tau namanya, jadi teh itu masih misteri bagi saya. Sampai kemarin ke bakery asal Korea: Tous les Jours, ada minuman botolan namanya Corn Silk Tea. Apakah ini yang saya cari cariii? Ternyata iyaaaa, ya memang rasanya ga seenak yang diseduh di rumah makan mie korea, tapi iya ini teh yang aku suka! Lalu, temanku yang bisa baca huruf korea bilang, ini tulisannya Oksusu Cha.




Langsung aku googling, ternyata oksusu cha artinya secara harafiah memang teh jagung. Lebih tepatnya dia merupakan minuman tradisional khas Korea yang dibuat dari biji jagung yang sudah dikeringkan, lalu direbus hingga air rebusannya berwarna kecoklatan.

biji jagung untuk oksusu cha
Jagungnya sendiri memang dari varietas yang berasal dari Korea, biasa disebut Gang-naeng-i (강냉이), khususnya berasal dari daerah Gangneung, dan teh ini populer banget di daerah sana. Katanya sih jagung korea lebih kenyal dan bertepung dibanding dari jagung-jagung biasa.

Oh ya ada satu lagi selain dari biji jagung, komponen Oksusu Cha biasanya dicampur dengan...... rambut jagung. hah? rambut jagung?! Iyes, rambut jagung yang dalam bahasa inggris disebut corn silk atau Oksusu Suyeom (옥수수 수염차) dalam bahasa korea.

Manfaat kesehatan si rambut jagung ini ternyata banyak: berguna untuk infeksi kandung kemih, inflamasi sistem urin atau prostat, pengobatan batu ginjal. Bahkan rambut jagung ini digunakan juga untuk mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Sebabnya karena rambut jagung ternyata memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan juga serat. dia juga bersifat diuretik dan bisa meringankan inflamasi. (dari webmd.com)

Di web ini aku nemu orang yang mencoba buat Oksusu Cha ini dari awal, mulai dari tahap pengeringan jagungnya, dan menurut dia, cara ini sudah jarang sekali dilakukan bahkan di Seoul, karena lebih banyak yang jual sudah dalam kemasan. Kira-kira pakai jagung indonesia rasanya bakal enak juga gak ya? :D

1 komentar: